Jumat, 16 Januari 2009

Pentingnya Pernafasan

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Kali ini Awan coba sedikit menjabarkan salah satu pokok penting bagi seorang penyanyi. Munsyid juga penyanyi kan?apa itu? salah satunya adalah pernafasan. dari sekian banyak hal-hal yang perlu diperhatikan, hal dasar adalah tehnik pernafasan.

Dalam bernyanyi ada satu hal yang sangat penting dalam mempengaruhi nada suara yang dihasilkan. Faktor tersebut adalah tehnik dalam mengolah pernafasan. Hal ini sering kita anggap remeh karena begitu mudahnya bagi kita untuk bernafas. Namun, bukan dengan cara itu mengolah tehnik pernafasan dalam bernyanyi. Apa saja perbedaannya? Dalam artikel kali ini akan coba Awan bedah walaupun mungkin masih banyak kekurangannya.

Dalam bernafas sehari-hari, selama proses bernafas kita menggunakan dada sebagai media tempat menghirup, menahan dan menghembuskan nafas. Sangat berbeda dengan mengolah nafas untuk bernyanyi. Dalam bernyanyi, media yang kita gunakan adalah diafrgama. Dimana letaknya diafragma? Dibawah dada dan diatas perut itulah diafragma. Diafragma inilah yang kita gunakan dalam mengolah tehnik suara yang akan kita hasilkan. Pertanyaannya adalah, mengapa dalam bernyanyi kita menggunakan diafrgama? Ada beberapa keunggulan yang dapat dijabarkan jika menggunakan diafragma. Jika menggunakan diafragma pernafasan kita menjadi lebih panjang, power suara lebih kuat, lebih stabil dan penampilan saat bernyanyi lebih illegal Hal ini perlu untuk dilatih agar panjangnya nafas untuk bernyanyi dan powernya menjadi lebih kuat.. Pada artikel selanjutnya Awan akan coba bedah lagi proses-proses latihannya. Ok tunggu ja ya. wassalam

Oleh : Pras Litbang dan Alif Diklat ANN Jateng

1 komentar: